Friday, August 26, 2016

Tips lulus ujian DELF B1

Menjelajah Prancis, negara yang terkenal dengan keromantisannya adalah impian bagi sebagian besar orang. Namun, sebelum mengunjungi negara tersebut ada baiknya mempelajari bahasanya terlebih dahulu. Yah, sebagian besar orang Prancis tidak fasih berbahasa Inggris.

Bahasa Prancis memiliki aksen yang sangat unik . Bahkan, saat saya berbicara Bahasa Prancis saya merasa seksi dan setara dengan kaum Borjuis :p .

Level kemampuan berbahasa Prancis sendiri terbagi dalam 6 level :
1. Tingkat Dasar = A1, A2
2. Tingkat menengah = B1, B2
3. Tingkat Mahir = C1, C2

Untuk mengetahui kemampuan kita, setiap tahun terdapat tiga kali ujian DELF (Diplôme d’Etudes en Langue Française) dan DALF (Diplôme Approfondi de Langue Française) yang ijazahnya langsung di keluarkan oleh kementrian pendidikan nasional Prancis. Ujian tersebut biasaya dilaksanakan setiap bulan Mei, Juli, dan November dan hanya di laksanakan di kota yang memiliki jaringan pusat kebudayaan bernama IFI (Institut Français d'Indonésie). 


Attestation/Surat Lulus DELF B1
Kali ini saya akan berbagi tips untuk lulusujian DELF B1. Saya sendiri mengikuti ujian DELF B1 pada bulan Mei 2015. Untuk mengikuti ujian DELF ini tidak harus dimulai dari A1. Boleh langsung mengikuti ujian DELF B1 atau C2. Untuk mengikuti ujian DELF ini tidak harus dimulai dari A1. Boleh langsung mengikuti ujian DELF B1 atau C2. Lalu, setelah sebulan kita dinyatakan lulus ujian, baru kita mendapatkan attestation atau surat yang berisi nilai ujian kita. Untuk sertifikat harus menunggu sekitar enam bulan lebih.

Ujian DELF pada umumnya terdiri dari empat sesi, yaitu : Production orale et écrite dan Compréhension orale et écriteUntuk tingkat B1 masih terbilang mudah, karena grammaire/ tata bahasa yang keluar di ujian hanya diperlukan saat saat compréhension orale et écrite. Grammaire yang keluar pun rata-rata hanya présent, passé compose/ imparfait, futur proche dan futur simple.  

Untuk tiap sesi poin yang harus didapat agar lulus tidak boleh kurang dari lima dan total keseluruhan nilai untuk lulus minimal 50/100. Untuk production orale biasanya terdiri dari 3 exercise. Dan sebelum mengerjakan, kita harus memperhatikan perintahnya.


Perintah dalam sesi comprehension orale

Perintah terpenting dalam comprehension oral terletak pada bagian terakhir yang berbunyi 'Répondez aux question, en cochant la bonne réponse, ou  en écrivant l'information demandée'. Perintah tersebut meminta kita untuk memberi tanda silang pada pilihan yang diangap benar atau menuliskan informasi yang diminta. Nah, pada bagian soal yang terdapat beberapa pilihan jawaban meminta kita untuk memilih satu dari beberapa pilihan yang dianggap benar dengan memberi tanda silang. Jadi, kita harus memberi tanda silang, bukan ceklis atau tanda laiinya. Jika kita memberi tanda selain silang, maka jawaban dianggap salah meskipun jawaban yang kita berikan benar.

Setelah sesi comprehension orale, maka sebaiknya kita mengerjakan  production dan compréhension écrit. Tips dari saya,setelah mengerjakan compréhension  écrite exercise 1, langsung saja kerjakan production écrit, karena pada comprehension écrit exercise 2 kita kan berhadapan dengan teks panjang yang membuat kita lupa untuk mengerjakan production écrite. Production écrite memiliki point nilai 25. Jadi sediakan waktu 30 menit untuk fokus pada production écrite. Setelah itu kembali mengerjakan compréhension écrit exercise 2.

Untuk production orale terdapat 3 sesi, pertama memperkenalkan diri, kedua bermain peran bersama penguji, dan yang ketiga monolog suivi/menyebutkan garis besar dari sebuah wacana. Untuk sesi memperkenalkan diri/entretien dirigé, kita harus memperkenalkan diri kita seperti biasa mulai dari nama, hobi, alamat, pekerjaan lalu menceritakan keluarga, kebiasaan kita di masa lalu, dan cita-cita/projek kedepan. Dalam sesi ini usahakan kita menggunakan présent, imparfait/passé composse, futur proche dan futur simple. 

Untuk sesi production orale kedua, nantinya kita akan di beri kerta berisi tema tentang peran yang akan kita mainkan bersama penguji. Setelah itu, kita langsung bermain peran secara spontan. Sedangkan untuk sesi production orale ketiga, sebaiknya kita menceritakan terlebih dahulu tema teks yang kita dan setelah itu kita beri pendapat kita. Untuk sesi ini kita di beri waktu khusus untuk menyiapkannya terlebih dahulu. Sebagai tambahan, saya akan memberi silabus untuk ujian DELF B1. Silahkan di unduh

No comments:

Post a Comment